Home > News > BI: Hitungan Rp 6,5 Triliun Ada sejak Awal

BI: Hitungan Rp 6,5 Triliun Ada sejak Awal

Nilai bail out untuk menyelamatkan Bank Century sudah diprediksi sebesar Rp 6,5 triliun oleh Bank Indonesia sejak awal. Angka itu tertulis dalam lampiran surat resmi BI ke Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Hal tersebut ditegaskan oleh Deputi Gubernur BI Budi Rohadi ketika menerima kunjungan investigasi Pansus Hak Angket Pengusutan Kasus Bank Century DPR, Jumat (12/2/2010).

Jawaban ini diberikan Budi Rohadi setelah anggota Pansus, Maruarar Sirait, memperingatkan BI soal kualitas, kelengkapan, dan akurasi data BI sebagai bahan informasi KSSK. Maruarar mempertanyakan apakah jumlah penggelontoran dana pertama sebesar Rp 632 miliar berasal dari BI atau tidak.

“Setelah kami putuskan, kami serahkan pengurusan bank ini ke KSSK. Dalam pengajuan surat ini kami sudah ungkapkan dua hal, pemenuhan CAR dan keperluan likuiditas. Kelihatan dalam lampiran surat kami, untuk CAR ditetapkan 1,7 (triliun) dan likuditas 4,7 (triliun). Jadi total 6,5. Jadi, sejak semula kami sudah keluarkan 6,5. Kalau meleset dan 6,7 triliun itu cuma meleset 200-an miliar saja,” tuturnya.

Budi Rohadi juga mengatakan bahwa konsolidasi data sudah dilakukan bersama Sekretaris KSSK waktu itu, Raden Pardede. Waktu itu memang tertulis secara ofisial Rp 632 miliar. Namun, menurut Budi, BI menganggap kebutuhan akan menjadi Rp 1,7 triliun untuk menyelamatkan surat-surat berharganya. Budi Rohadi juga menegaskan bahwa dalam rapat 20 November 2008, dalam rapat Dewan Gubernur pertama, direktorat pengawasan menyampaikan analisis individual bank.

“Menurut mereka itu (Bank Century) adalah bank gagal, lalu kami uji di RDG. Terus itu terbukti dan kami tetapkan. Lalu, soal berdampak sistemik, ini giliran direktorat penelitian. Pada waktu itu diputuskan dalam RDG bahwa Bank Century itu ditengarai berdampak sistemik,” tandas Budi Rohadi.

Categories: News
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: