Home > Obat Herbal > KHASIAT BELIMBING WULUH

KHASIAT BELIMBING WULUH

Belimbing wuluh adalah salah satu jenis tanaman yang bisa kita temukan di daerah tropis. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, memiliki ciri-ciri fisik berupa bentuk pohon yang kecil dengan tinggi mencapai 10 m dan batang yang juga tidak begitu besar dengan permukaan yang kasar dan berbenjol-benjol. Memiliki daun majemuk menyirip ganjil, terdiri dari 21-45 pasang anak daun. Bunganya berbentuk bintang, bergerombol dengan warna merah keunguan. Buahnya merupakan buah buni; berbentuk bulat lonjong persegi; rasanya sangat asam serta memiliki biji di dalamnya, saat masih muda berwarna hijau tua, setelah tua kekuningan, tumbuh bergerombol dan bergantungan pada batang atau pangkal cabang besar.
Tanaman ini biasa tumbuh pada daerah dengan ketinggian 500 m dari permukaan laut. Daerah yang disukai tanaman ini adalah daerah yang banyak terkena sinar matahari dan tetapi cukup lembab. Tumbuhan ini dapat diperbanyak dengan menyemai bijinya atau dengan teknik penyetekan.
Kandungan kimia tumbuhan ini berupa saponin, tanin, glucoside, kalsium oksalat, sulfur, asam format dan peroksida yang terdapat pada batang serta daunnya.
Khasiat tanaman yang memiliki nama ilmiah Averrhoa Bilimbi L ini adalah sebagai berikut :
1. Mengobati gusi berdarah
Mengkonsumsi buah belimbing wuluh baik segar maupun manisannya secara rutin setiap hari dapat mengobati penyakit gusi berdarah.
2. Menghilangkan jerawat
Siapkan 3 buah belimbing wuluh segar. Kemudian cuci dengan bersih. Selanjutnya, buah diparut dan diberi sedikit garam. Tempelkan ramuan ini pada kulit wajah yang berjerawat. Lakukan 2 kali sehari secara rutin.
3. Mengobati darah tinggi
Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan biji srigading 25 g yang sudah dicuci bersih. Biji srigading ditumbuk halus. Masukkan kedalam panci berisi 4 gelas air dan rebuslah bersama belimbing wuluh. Dinginkan lalu saring sebelum diminum. Ramuan ini cukup diminum satu gelas sehari secara rutin.
Semoga bermanfaat…!!!!

Categories: Obat Herbal
  1. Kimheechul
    September 29, 2011 at 5:38 am

    Mkasih ea ats saran.a..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: