Home > Info Gadget Terbaru > Canon EOS 7D, Rumor Itu Akhirnya Jadi Nyata

Canon EOS 7D, Rumor Itu Akhirnya Jadi Nyata

Setelah menjadi rumor selama kurang lebih lima tahun, akhirnya Canon EOS 7D muncul juga meski ternyata kamera ini tak sepenuhnya persis seperti yang banyak diberitakan media sebelumnya. Paling tidak Canon EOS 7D ini bukan kamera DSLR full frame seperti yang diberitakan. Lantas apa saja yang ditawarkan Canon lewat produknya kali ini?

Yang jelas secara fisik Canon EOS 7D
ini tak jauh beda dengan kamera DLSR
lain keluaran Canon. Desain bodi terlihat kokoh dan itu dimungkinkan karena bodi kamera ini dibuat dari stainless steel dan polycarbonate. Grip di bagian depan memastikan jari-jari punya pegangan yang cukup kokoh untuk menahan bobot kamera yang mencapai 900 gram ini sementara di bagian belakangnya ada ruang yang cukup lapang untuk bertumpunya ibu jari.

Keunggulan yang jelas terlihat saat pertama kali melihat spesifikasi kamera ini adalah kemampuannya mengambil beberapa gambar dalam waktu yang singkat. Dalam mode burst, kamera ini diklaim mampu mengambil delapan gambar dalam waktu satu detik. Fitur lain yang juga cukup menarik adalah disertakannya lampu flash yang akan tersembul keluar dari bagian atas bila kamera dinyalakan.

Canon EOS 7D ini menggunakan sensor berukuran 22,3 x 14,9mm dengan kemampuan 18 megapixel. Walaupun sensor yang digunakan bukan sensor 35mm namun setidaknya hasil bidikan masih cukup besar bila nantinya Anda bermaksud melakukan cropping untuk mengambil sudut yang lebih bagus. Hasil jepretan kamera ini berukuran 5.184 x 3456 pixels dan memerlukan ruang simpan sekitar 18MB untuk setiap gambarnya. Hasil bidikan dapat disimpan pada kartu memori berformat CompactFlash lewat slot yang telah disediakan.

Dua hal lagi yang juga menarik adalah fitur sensor infra-merah yang terpasang di bagian depan kamera sehingga memungkinkan pemilik kamera menggunakan remote control dan pemasangan viewfinder yang punya cakupan hingga 100%. Meski terdengar sederhana, dua fitur ini biasanya identik dengan kamera DSLR dari kelas atas yang otomatis punya harga jual lebih tinggi dari Canon EOS 7D ini.

Soal hasil bidikan, Canon EOS 7D ini juga sama sekali tidak mengecewakan. Good Gear Guide memberi nilai plus pada warna hasil bidikan yang cukup alami sementara performanya di area yang minim pencahayaan juga sama sekali tidak mengecewakan. Kalaupun ada yang dikeluhkan oleh situs ini mungkin adalah fitur autofocus-nya yang kadang tidak akurat. Trusted Reviews malahan tak ragu-ragu memberikan nilai sepuluh dan hanya sedikit mengeluhkan soal harga jual yang tak terlalu bagus.

Memang untuk menebus kamera cantik ini diperlukan biaya yang cukup besar. Situs resminya menyebutkan angka US$1.700 atau kurang lebih setara dengan Rp16 jutaan sebagai harga jualnya.

Categories: Info Gadget Terbaru
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: