Home > Info Gadget Terbaru > Creative Zen X-Fi2, Masih Andal di Bidang Audio

Creative Zen X-Fi2, Masih Andal di Bidang Audio

Nama Creative memang sudah identik dengan kata audio. Mulai dari kartu suara, speaker hingga pemutar MP3 keluaran Creative memang selalu jadi salah satu pilihan yang cukup menarik di tengah membanjirnya produk audio di pasaran. Salah satu bukti bahwa Creative memang andal dalam urusan audio adalah Creative Zen X-Fi2 yang dijagokan sebagai pemutar MP3 dengan sarana navigasi layar sentuh.

Ada tiga pilihan kapasitas yang disediakan Creative kali ini: 8GB, 16GB, dan 32GB. Dengan tiga pilihan ini, pengguna bisa menyesuaikan kapasitas mana yang paling sesuai untuk dirinya. Buat yang hanya suka memutar file audio bisa jadi kapasitas 8GB sudah sangat mencukupi sementara untuk yang gemar menonton video, 32GB mungkin yang paling ideal. Tapi kalaupun Anda bosan dengan file-file media koleksi Anda, masih ada beberapa fitur yang cukup bisa menjadi alternatif hiburan.

Melihat spesifikasinya saja sudah terlihat kalau Creative Zen X-Fi2 ini adalah salah satu produk MP3 player yang menarik. Bagaimana tidak, dukungan filenya cukup luas. Zen X-Fi2 ini bisa memutar berbagai ekstensi umum seperti WMV9, MPEG4-SP, DivX 4/5, XviD, MP3, WMA, WAV, Audible4, AAC4, dan FLAC. Ia juga memiliki fitur radio FM untuk berjaga-jaga kalau Anda bosan dengan koleksi Anda sendiri.

Soal kapasitas simpan pun Creative sepertinya cukup memberi keleluasaan karena meski sudah memberikan built-in memory namun pabrikan asal Singapura ini juga masih menyediakan slot kartu memori berjenis SD card seandainya Anda ingin mendongkrak lagi kapasitas yang sudah tersedia. Konektor audio yang terpasang pun menggunakan ukuran standar (3,5mm) sehingga Anda bisa menggunakan earphone favorit Anda meski dalam paket penjualannya Creative juga menyertakan satu buah earphone.

Soal navigasi, Creative sepertinya tak mau ketinggalan dengan produsen peranti elektronik lain yang mulai beralih ke layar sentuh. Creative Zen X-Fi2 ini sudah dilengkapi fitur touchscreen sehingga jumlah tombol fisik yang tersedia dapat diminimalkan agar ukuran layar yang terpasang bisa maksimal. Malahan bisa dibilang Zen X-Fi2 ini nyaris tanpa tombol. Di bagian depan hanya ada satu tombol saja sementara tombol power diposisikan di bagian samping.

Seperti bisa diprediksi, kualitas suara yang dihasilkan Creative Zen X-Fi2 ini memang sangat bisa diandalkan. PC Pro dan Cnet Asia sepakat bahwa kualitas audio Zen X-Fi2 ini memang bagus sementara Good Gear Guide dan Tech Radar menambahkan soal kualitas earphone-nya yang juga bisa dipercaya. Sayangnya, fitur layar sentuh Zen X-Fi2 ini justru adalah titik lemah produk ini. Meskipun tampilan cukup cerah dan tajam namun PC Pro, Tech Radar, dan Cnet Asia mengatakan bahwa layar sentuh ini kurang responsif.

Tapi walaupun begitu, Creative Zen X-Fi2 ini masih punya senjata andalan lain. Harga jualnya tak terlalu tinggi sehingga bisa terjangkau oleh kebanyakan orang. Kabarnya Creative melepas Creative Zen X-Fi2 ini dengan label harga sebesar US$200 atau kurang lebih setara Rp1,9 jutaan untuk yang berkapasitas 8GB.

Categories: Info Gadget Terbaru
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: