Home > Info Gadget Terbaru > Flip Video MinoHD, Siap Menantang Kodak Zi8

Flip Video MinoHD, Siap Menantang Kodak Zi8

Sadar masih punya beberapa kompetitor yang harus digeser, Flip kembali merilis ‘versi perbaikan’ Mino HD yang mengusung sejumlah perbaikan dengan harapan bisa bersaing dengan produk Kodak yang juga bermain di kelas yang sama. Hasilnya, cukup menyenangkan meski sepertinya masih perlu beberapa perbaikan untuk bisa menggeser Kodak Zi8.

Sebenarnya perubahan yang terjadi pada generasi terbaru Flip Video MinoHD ini ini tidak bisa disebut perubahan besar-besaran. Perubahan yang jelas terlihat adalah desain bodi yang kini terlihat lebih dinamis dan menarik. Perbedaan lain yang paling mendasar mungkin adalah penambahan kapasitas dari 4GB menjadi 8GB, penggunaan software baru dan penambahan konektivitas HDMI.

Selebihnya bisa dikatakan tetap sama walaupun sebenarnya layar LCD yang dipergunakan pada Flip Video MinoHD versi baru ini sedikit lebih besar (2 inci). Video direkam dalam kualitas 720p high definition dengan kecepatan 30 frame per detik sama persis dengan generasi sebelumnya. Format penyimpanan yang dipilih pun tetap sama. Video disimpan dalam bentuk file MP4 dengan sistem kompresi audio AAC dan sistem kompresi video H.264.

Tapi kalau Anda sudah puas dengan hasil rekaman generasi sebelumnya, bisa jadi Flip Video MinoHD ini tetap bisa menjadi pilihan yang menarik. Paling tidak Anda kini bisa merekam hingga durasi dua jam dan langsung menonton hasilnya pada televisi HD lewat konektivitas HDMI yang disediakan. Tidak terlalu vital memang namun bila mengingat ada perubahan software maka ada kemungkinan hasil rekaman juga lebih bagus dari generasi sebelumnya.

Good Gear Guide yang sempat menguji Flip Video MinoHD mengemukakan beberapa keunggulan dari produk ini. Hasil rekaman tak lagi menunjukkan kecenderungan ke warna kuning seperti versi sebelumnya sementara performanya di area yang minim pencahayaan konon sudah melebihi camcorder lain sekelasnya. Situs ini juga menyebutkan kalau layout pengoperasian tetap sama namun terasa lebih responsif ketimbang versi sebelumnya. Terlepas dari itu semua, Good Gear Guide menyebut build quality sebagai keunggulan utama dari produk ini.

Cnet sepertinya setuju pada penilaian Good Gear Guide dan menambahkan nilai plus pada baterai isi ulang yang terintegrasi langsung pada camcorder ini walaupun sempat mengeluhkan tidak disediakannya slot kartu memori untuk menambah kapasitas simpan jika diperlukan. Kalau kedua situs ini sepakat hasil rekaman Flip Video MinoHD ini layak diperhitungkan, Wired malah menyebutnya belum mampu mengimbangi kehandalan Kodak Zi8 dari sisi kualitas rekaman.

Berminat? Anda bisa membawa pulang produk ini dengan imbalan sebesar US$230 atau kurang lebih setara dengan Rp2 jutaan.

Categories: Info Gadget Terbaru
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: