Home > Teknologi > Netbook atau Notebook : Mana Yang Harus Kamu Beli ?

Netbook atau Notebook : Mana Yang Harus Kamu Beli ?

Meskipun ide tentang sebuah netbook sudah ada sejak akhir 1990an ketika Microsoft memperkenalkan sebuah konsep perangkat bergaya laptop kecil dengan baterai yang tahan lama, tetapi baru pada tahun 2007-lah sebuah netbook hadir dengan ASUS eee PC-nya.

Sejak ASUS meluncurkan ASUS eee PC-nya, lalu berbondong-bondong para pabrikan besar lainnya pun ikut membuat netbook. Hal ini disebabkan karena meningkatnya permintaan pasar. Peningkatan akan permintaan netbook di dunia terlihat pada penjualan netbook di dunia pada tahun 2008 yang mencapai 11.4 juta unit dan pada tahun 2009 sekarang ini diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga mencapai 35 juta unit.

Apa yang membuat orang-orang lebih memilih untuk membeli netbook dibanding notebook? Apakah faktor harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga notebook sebagai faktor dominan yang menyebabkan orang-orang memilih netbook?

Harga yang murah dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan memang menjadi beberapa alasan yang membuat orang lebih memilih netbook ketimbang notebook. Tetapi bukan berarti ke depannya pamor notebook akan turun dibandingkan netbook karena masih banyak juga masyarakat yang lebih memilih untuk membeli sebuah notebook.

Bagi anda yang masih bingung untuk memutuskan mana yang harus dibeli, apakah sebuah netbook atau notebook maka ada beberapa poin penting di bawah ini yang perlu anda perhatikan yang dapat menjadi bahan pertimbangan anda dalam menentukan pilihan. Poin-poin di bawah ini bisa menjadi acuan apakah sebuah netbook yang anda pilih dengan harganya yang murah sudah mampu memenuhi kebutuhan anda atau belum.

Konektivitasnya

Sesuai dengan tujuannya, netbook ditujukan bagi mereka yang membutuhkan sebuah perangkat yang mudah digunakan yang akan menghubungkan mereka ke internet. Artinya dalam sebuah netbook akan dilengkapi dengan konektivitas yang akan menghubungkan netbook dengan internet.

Semua netbook sudah dilengkapi dengan WiFi yang terintegrasi, dan juga sebagian lainnya yang didalamnya sudah terintegrasi dengan bluetooth sehingga akan memudahkan untuk konektivitas. Bahkan di beberapa model terbaru, sudah ada produsen yang mengintegrasikan modem 3G ke dalam produk netbook mereka.

Resolusi layar yang kecil yang kurang nyaman

Di beberapa netbook yang memiliki resolusi layar yang kecil, akan ada masalah ketika membuka beberapa halaman web yang tidak dapat ditampilkan secara ‘penuh’ dan untuk itu kita perlu menggeser-geserkannya. Hal ini membuat para pengguna netbook menjadi tidak nyaman.

Dan satu masalah lagi adalah dengan semakin meningkatnya kualitas konten dari web (penggunaan animasi dll) maka akan semakin memperberat kinerja prosesor. Bayangkan jika kita membuka beberapa halaman web yang penuh animasi secara bersamaan, masih sanggupkah netbook melakukannya?

Netbook untuk dipakai kerja

Aktivitas yang kita lakukan di internet mungkin tidak jauh dari kirim atau terima e-mail, mengupdate facebook, menonton video di web dan untuk kebutuhan itulah netbook dibuat. Sedangkan untuk kebutuhan lain yang juga vital seperti untuk digunakan bekerja, jangan jadikan netbook sebagai pilihan pertama. Walaupun netbook tidak akan ada masalah jika diinstal aplikasi Office tetapi kemampuannya untuk multitasking (melakukan pekerjaan secara bersama-sama) belum bisa terlalu diandalkan. Hal tersebut mungkin dari penggunaan prosesor Atom di dalamnya, yang akibatnya adalah akan terasa lambat ketika kita membuka beberapa dokumen dalam satu waktu.

Netbook untuk mengedit foto dan video

Dengan kamera digital dan ponsel berkamera yang merajalela sekarang ini, netbook pun sering jadikan media untuk menyimpan dan mengolah foto, baik itu untuk mengubah resolusinya, menambahkan brightness atau yang lainnya. Dan kegiatan mengolah foto itu bisa dilakukan dengan netbook meski memang tidak secepat ketika kita melakukannya di notebook atau komputer desktop.

Namun yang menjadi kendala besar adalah jika netbook digunakan untuk mengedit video. Ibarat sebuah mobil kecil yang harus menampung beban melebihi berat maksimal daya tampungnya, maka kegiatan mengedit video di netbook sebaiknya tidak dilakukan karena bermasalah dengan video grafis dan tampilan layar yang kecil. Tapi jika anda tetap memaksakan, siap-siap saja untuk setia menunggu karena prosesnya yang akan sangat lambat.

Netbook untuk bermain games

Bermain game-game kelas berat walaupun kini tidak mesti dilakukan dari sebuah komputer desktop (bisa di notebook) tetapi tetap saja hal tersebut sulit dilakukan kalau di netbook. Faktor kartu grafis dan layar lagi-lagi menjadi kendala bagi pengguna netbook untuk bermain game kelas berat. Tidak perlu khawatir juga bagi para pengguna netbook, karena kita masih bisa memainkan game-game ringan di netbook.🙂

Pilih netbook Linux atau Windows

Ada dua pilihan sistem operasi yang digunakan oleh netbook, yaitu Linux dan Windows. Sebuah netbook berbasiskan Linux memiliki beberapa keunggulan dibanding yang berbasiskan Windows, seperti harga yang jauh lebih murah, file instalasi yang lebih kecil dan software-software pelengkapnya yang juga gratis. Sedangkan kelemahannya yaitu terkadang sering bermasalah dengan driver hardware sehingga hardware tersebut berjalan dengan tidak lancar.

Untuk netbook berbasiskan Windows, selain familiar digunakan juga pengenalan hardware yang cukup baik. Kelemahannya adalah harga yang lebih mahal, kita akan butuh software tambahan lainnya yang berbayar dan file instalasi yang lebih besar nantinya.

Pilih netbook atau notebook

Dari uraian di atas terlihat sekali bahwa sampai dengan saat ini masih ada keterbatasan fitur yang tidak dimiliki oleh netbook sehingga ia tidak bisa menggantikan notebook atau komputer desktop.

Tetapi jika anda merasa bahwa fitur-fitur yang ada di netbook sudah dirasakan cukup untuk kebutuhan anda maka silahkan untuk memilih netbook.

Categories: Teknologi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: