Home > Info Gadget Terbaru > Nexus One, Bertemunya Internet Dengan Ponsel

Nexus One, Bertemunya Internet Dengan Ponsel

Ambisi Google untuk merebut ladang bermain Apple sepertinya masih belum pupus. Tak terlalu berhasil dengan proyek G1 yang dilepas melalui T-Mobile, raksasa internet ini kini melepas Nexus One yang sempat disebut-sebut sebagai superphone. Hasilnya memang tak terlalu mengecewakan meski untuk merebut pasar iPhone, perjalanan Google masih akan cukup panjang.

Dari berbagai berita yang muncul seputar dirilisnya Nexus One ini bisa disimpulkan kalau ada dua hal yang menjadi andalan Google kali ini. Yang pertama adalah pemasangan prosesor Snapdragon 1GHz buatan Qualcomm dan dicangkokkannya sistem operasi Android generasi terbaru pada ponsel cerdas ini. Kesan ini makin kuat saat melihat spesifikasi yang dilepas Google pada situsnya yang memperlihatkan kalau fitur yang ditawarkan sebenarnya tak jauh beda dengan kebanyakan smartphone yang beredar saat ini.

Untuk memproduksi Nexus One ini Google merangkul produsen smartphone asal Taiwan, HTC. Alhasil, secara fisik, Nexus One ini mirip jajaran produk HTC seperti HTC Touch2 meski Nexus terlihat lebih dinamis dengan dominasi sudut yang lebih tumpul. Bagian depan didominasi layar AMOLED-nya yang berukuran 3,7 inci dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk empat tombol touch-sensitive dan sebuah trackball yang tepat berada di tengah baris paling bawah.

Di sisi kiri ada tombol rocker untuk mengatur volume sementara tombol power dan jack audio standar berukuran 3,5mm diletakkan di sisi atas. Sisi kanan dibiarkan kosong dan koneksi USB di letakkan di sisi bawah seperti pada kebanyakan ponsel. Ada tiga buat titik berwarna emas di sebelah kiri dan kanan port USB ini dan banyak yang memperkirakan kalau titik-titik ini nantinya akan menjadi konektor untuk dock.

Tidak ada keyboard pada smartphone ini karena Google memang memasang Nexus One ini untuk bersaing dengan ponsel cerdas lain yang murni menggunakan layar sentuh sebagai sarana navigasi. Seperti biasa, ada accelerometer yang akan secara otomatis mengubah posisi keyboard virtual pada layar sesuai dengan orientasi ponsel saat digunakan.

Nexus One ini adalah peranti komunikasi yang bekerja pada jaringan GSM dan 3G serta sudah dilengkapi dukungan Wi-Fi dan Bluetooth. Kameranya menggunakan kamera 5 megapixel dengan dukungan lampu flash berformat LED. HTC memasang ROM berukuran 512MB yang tentu saja masih bisa ditingkatkan dengan cara memasang kartu memori berformat microSD hingga 32GB.

Lalu bagaimana sebenarnya kinerja Nexus One ini? Tech Radar memberi nilai plus untuk layar AMOLED-nya yang punya tampilan cemerlang. Menurut situs ini warna hitam terlihat pekat sementara warna putih juga terlihat jernih dengan warna-warna lain yang terlihat cukup natural. Sayangnya, Nexus One ini belum mendukung fitur multi touch layaknya iPhone.

Soal kinerja, tak percuma Google memasang prosesor Snapdragon karena menurut Tech Radar kinerjanya sangat memuaskan. Engadget pun sepertinya punya pendapat yang sama dengan Tech Radar meski situs ini menambahkan soal fitur kameranya yang sangat memuaskan. Soal Android 2.1 yang konon adalah generasi sistem operasi smartphone yang sudah memenuhi standar Google, Engadget menganggap tidak banyak perubahan yang terjadi pada sistem operasi ini dibanding versi sebelumnya.

Ada kisah menarik seputar nama Android dan Nexus One ini. Konon, nama ini diilhami dari novel karya Philip K. Dick yang kemudian diadaptasi menjadi film berjudul BLADE RUNNER. Malahan kabarnya, keluarga Philip K. Dick bermaksud menggugat Google saat tahu nama Nexus digunakan untuk smartphone baru yang diberi harga US$529,99 atau setara dengan Rp4,9 jutaan ini.

Categories: Info Gadget Terbaru
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: