Home > Info Gadget Terbaru > Nikon D300s, Hanya Menambah Fitur

Nikon D300s, Hanya Menambah Fitur

Saat diluncurkan sekitar satu tahun yang lalu, Nikon D300 menjadi salah satu kamera DSLR terbaik saat itu dan benchmark yang sudah tinggi ini menjadi beban yang cukup berat buat Nikon saat berencana melepas generasi penerus kamera ini. Langkah pertama Nikon adalah tidak terlalu banyak membuat perubahan dan itu adalah langkah yang tepat.

Perubahan yang terjadi pada generasi penerus yang disebut Nikon D300s ini memang tidak terlalu banyak. Paling tidak dari sisi fisik, kamera ini bisa dibilang tetap sama. Grip yang berukuran besar dengan pelapis karet masih tetap ada dan keputusan tidak mengubah desain ini sangat menguntungkan kamera jadi tetap stabil digenggam. Konstruksinya pun tetap dibuat dari magnesium alloy dan menambah kokoh struktur kamera profesional ini.

Perubahan yang terjadi hanya bersifat penambahan fitur saja seperti penambahan kemampuan merekam video dalam format HD yang diadaptasi dari generasi D90. Slot kartu memori yang mendukung format SD/SDHC card pun ditambah satu lagi sementara kemampuan mengambil beberapa gambar secara cepat sepertinya juga mengalami peningkatan.

Fitur video tak begitu saja dicomot dari D90 tapi sudah mengalami sedikit modifikasi seperti kemungkinan menggunakan fitur autofocus dalam mode video ini. Ini masih ditambah lagi dengan kemungkinan menyunting hasil rekaman dengan menggunakan software yang ditanam pada kamera ini. Memang editing yang bisa dilakukan hanya yang bersifat basic saja namun itu sudah merupakan nilai tambah buat kamera DSLR ini. Hasilnya dapat langsung ditonton menggunakan HDTV karena ada konektor HDMI pada kamera ini.

Trusted Reviews yang sempat menguji Nikon D300s ini mengatakan bahwa secara garis besar, hasil bidikan Nikon D300s ini tak jauh beda dengan Nikon D300 yang artinya kualitas yang disajikan tidak main-main. Noise dapat diantisipasi bahkan saat setting ISO mulai dinaikkan. Exposure, warna, dan dynamic range juga sangat mengagumkan, sama persis pada hasil bidikan Nikon D300.

Kalau Trusted Reviews memberi acungan jempol karena kualitas tidak menurun, Cnet justru menyayangkan ini karena pada dasarnya kualitas hasil bidikan sama persis dengan pendahulunya yang dilepas satu tahun lalu. Malahan, situs ini menganggap satu-satunya perbedaan antara dua kamera dari generasi berbeda ini hanyalah masalah kemampuan merekam video dalam kualitas HD saja.

Apapun komentar mereka, yang pasti Nikon D300s ini adalah kamera DSLR yang handal dan pastinya juga, harga yang harus ditebus untuk memperoleh semua keunggulan itu tidaklah murah. Nikon memasang label harga sekitar US$2100 atau setara dengan Rp20 jutaan.

Categories: Info Gadget Terbaru
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: