Home > News > Pesawat Tabrak Gedung

Pesawat Tabrak Gedung

Austin, – Seorang warga Amerika Serikat, Joseph Stack (53), terus dipaksa membayar pajak. Karena jengkel, ia melakukan aksi bunuh diri dengan menabrakkan pesawat kecil yang diterbangkannya ke gedung Kantor Penerimaan Dalam Negeri, Austin, Texas, Kamis (18/2).

Akibat ulahnya itu, seorang pekerja tewas dan dua orang lainnya cedera. Ada sekitar 200 karyawan yang sedang bekerja di gedung. Semuanya lari tunggang langgang menghindari amukan api dan paparan asap tebal.

Ia melakukan aksi bunuh diri menggunakan pesawat ringan jenis Piper Cherokee yang bermesin tunggal dan memiliki empat tempat duduk. Sebelumnya, Stack telah membakar rumahnya dan mengumumkan niat bunuh diri di internet.

Stack berprofesi sebagai teknisi komputer dan 20 tahun mengalami kesulitan ekonomi, tetapi terus dituntut membayar pajak. ”Kekerasan memang bukan jawaban, tetapi inilah satusatunya jawaban,” tulis Stack seperti dikutip The Guardian.

Ia pernah membaca definisi soal kegilaan, yakni mengulangi proses yang sama berulang kali dan kemudian menemukan hasil yang mendadak berbeda. ”Saya akhirnya siap untuk menghentikan kegilaan ini. Baiklah tuan-tuan pajak, mari kita coba sesuatu yang berbeda. Ambillah bayaran penuh dari saya dan tidurlah nyenyak,” ungkap Stack.

Aksi protes soal pajak bukanlah yang pertama terjadi. Pada tahun 1995 Charles Ray Polk merencanakan pengeboman kantor perpajakan Austin, tetapi berhasil digagalkan. Ia dibebaskan dari penjara pada Oktober 2009.

Gerakan antipajak mencapai puncaknya pada April 1995 ketika sebuah gedung federal di kota Oklahoma dibom dan menewaskan 168 orang.

Sita tabungan

Ayah tiri Stack, Jack Cook, kepada harian New York Times, mengungkapkan, Stack memang terlibat percekcokan dengan dinas perpajakan terkait dengan tindakan kantor pajak yang mengakses rekening dan menyita tabungan.

”Tidak diragukan lagi karena itulah Joe menabrakkan pesawat; bukan untuk membunuh orang lain, tetapi merusak gedung itu,” kata Cook. Ia menambahkan, istri Stack telah mengungsi ke sebuah hotel bersama anaknya karena tak tahan dengan amarah Stack.

Ketika Stack menabrakkan pesawatnya ke gedung pajak, di dalam gedung tersebut tengah bekerja sekitar 200 orang. Benturan yang sangat keras membuat gedung itu terguncang hebat sehingga orang-orang pun langsung tiarap di lantai. Pesawat itu kemudian langsung berubah menjadi sebuah bola api yang besar.

Categories: News
  1. February 21, 2010 at 3:40 am

    salam kenal…
    blognya bagus…
    ada video serunya…

    kalo sempet main dong ketempat saya..
    http://hermawanputra.wordpress.com

    • February 21, 2010 at 12:05 pm

      salam kenal jg mas..
      tlg kasih komentar-komentar nya tengtang blog saya karena saya masih belajar mas..
      terima kasih.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: